Hubungi Kami

Ayo Mengenal NPWP Badan dan Cara Pendaftarannya!

Menyenangkan sekali rasanya melihat bisnis yang kita rintis perlahan tumbuh dan berkembang. Tapi tahukah Anda, ada beberapa hal penting yang perlu diurus agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan sesuai aturan? Salah satunya adalah kepemilikan NPWP Badan.

Pernahkah Anda mendengar tentang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Badan? Bagi Anda yang baru memulai usaha, mungkin masih asing dengan istilah ini. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang Nomor Pokok Wajib Pajak Badan dan cara pendaftarannya? Yuk, simak pembahasannya berikut!

Apa Itu Nomor Pokok Wajib Pajak Badan?

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Badan merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak kepada badan, perusahaan, atau lembaga yang memiliki penghasilan dan berada di dalam wilayah NKRI. 

NPWP Badan ini berfungsi sebagai identitas wajib pajak dan memiliki banyak manfaat, seperti untuk melakukan transaksi keuangan, membuka rekening bank, dan melapor SPT Tahunan.

Baca juga: Badan Usaha yang Tidak Memiliki NPWP? Ini Resikonya!

NPWP untuk badan dibagi menjadi dua, yakni:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak Badan Pusat
  • Nomor Pokok Wajib Pajak Badan Cabang

Panduan Pendaftarannya NPWP Badan

NPWP dapat diberikan kepada badan usaha, baik badan usaha yang memiliki badan hukum maupun tidak. Pendaftaran NPWP bisa dilakukan di KPP setempat di mana lokasi perusahaan Anda berada, dengan panduan sebagai berikut:

  1. Silahkan buka laman resmi yang digunakan untuk mendaftar NPWP, yakni di “https://ereg.pajak.go.id/daftar” 
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung memasukkan “Alamat Email” yang tentunya masih aktif. 
  3. Masukkan kode “Captcha” sesuai dengan permintaan, lalu silahkan klik tombol “Daftar” setelahnya. 
  4. Tunggu beberapa saat akan muncul notifikasi atau pemberitahuan yang berisi tentang kesuksesan pendaftaran tahap pertama. 
  5. Anda perlu mengecek email yang telah didaftarkan, karena akan menerima email aktivasi dari “[email protected]”.
  6. Klik link “Verifikasi” yang tertera di dalam email tersebut hingga Anda dibawa ke halaman dengan formulir pendaftaran akun. 
  7. Lengkapi formulir tersebut sesuai dengan permintaan, kemudian masukkan “Nomor Telepon Aktif” lalu klik “Kirim OTP”. 
  8. Muncul notifikasi, silahkan masukkan kode OTP yang muncul pada notifikasi tersebut lalu klik “Daftar”.
  9. Akan muncul kembali pemberitahuan yang mana didalamnya memuat informasi tentang kesuksesan Anda dalam melakukan tahap pendaftaran yang kedua. 
  10. Silahkan kembali lagi ke email, akan ada email dengan link aktivasi. Jika sudah tersedia, silahkan klik link tersebut dan langsung lanjutkan pengisian data. 
  11. Apabila sudah melengkapi pengisian data, silahkan klik “Kirim Permohonan” 
  12. Klik “Minta Token”.
  13. Kode token akan dikirimkan melalui email secara otomatis lalu masukkan kode token tersebut dan klik “Kirim”. 
  14. Ketika permohonan berhasil, maka NPWP Badan akan muncul bersamaan dengan notifikasi selanjutnya. 
  15. Selesai. 

Demikianlah pembahasan kali ini. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi Anda yang baru memulai usaha. 

Dengan memiliki NPWP ini, Anda dapat menjalankan usaha dengan lebih aman dan nyaman, serta mendapatkan berbagai manfaat lainnya. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Namun, tahukah Anda bahwa proses pendaftaran NPWP Badan bisa lebih mudah dan efisien dengan bantuan Ruang Pedia?

Ruang Pedia adalah perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi dan pengurusan legalitas usaha, termasuk pendaftaran NPWP untuk badan. Tim kami akan membantu Anda dalam setiap tahap pendaftaran, mulai dari persiapan dokumen hingga submit ke KPP.

Dengan menggunakan layanan kami Anda dapat menghemat waktu dan tenaga, serta memastikan proses pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Badan Anda berjalan dengan lancar dan sesuai ketentuan.


 

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga!


 




Share this post:

Related posts:
Biaya yang Diperlukan untuk Membuat PT Perseorangan

Sebelum mendirikan sebuah perusahaan, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah biaya bikin PT Perorangan. Mengapa bisnis harus didaftarkan? Agar dapat dilindungi oleh hukum dan bisa menikmati berbagai manfaat lainnya.

Syarat untuk Menjadi PKP bagi Perusahaan

Ada beberapa syarat PKP perusahaan untuk dapat mengajukan permohonan. Selain itu, wajib pajak juga harus melewati prosedur yang benar dalam proses pengukuhan PKP. Tidak semua pengusaha bisa menjadi PKP. Apabila tidak memenuhi syarat dan ketentuan berlaku maka permohonan akan ditolak.