Hubungi Kami

Mudah dan Cepat! Syarat dan Panduan Pendaftaran NPWP Badan 

Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan menjadi kewajiban bagi setiap badan usaha yang beroperasi di Indonesia. NPWP Badan ini berfungsi sebagai identitas wajib pajak dan menjadi dasar dalam pemenuhan kewajiban perpajakan. 

Proses pendaftaran NPWP Badan kini semakin mudah dan cepat. Anda dapat melakukannya secara  online melalui e-Registration Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau secara offline di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.  

Namun, tetap saja ada syarat NPWP Badan yang perlu Anda ketahui dan penuhi ketika hendak melakukan pendaftaran tersebut. Simak syarat dan panduan lengkapnya berikut ini! 

Syarat-Syarat NPWP Badan 

Sebelum memulai proses pendaftaran NPWP Badan, pastikan Anda telah memenuhi semua syarat yang diperlukan. Ada beberapa dokumen penting sebagai syarat yang harus dipenuhi, seperti: 

  1. Akta Pendirian atau juga bisa Dokumen Pendirian / Surat Keterangan Penunjukan dari Kantor Pusat (Bagi BUT) 
  2. Syarat NPWP Badan berupa dokumen penting tentang identitas pengurus Badan: 
    1. NPWP 
    2. KTP (Untuk WNI) 
    3. KITAS 
    4. Paspor (Untuk WNA) 

Mekanisme Pendaftaran NPWP Badan Secara  Online 

Di era serba digital ini, tentu saja instansi perpajakan Indonesia juga mengikuti perkembangan zaman sehingga Anda bisa melakukan pendaftaran NPWP Badan secara  online . Bagaimana mekanismenya? Anda bisa simak di bawah ini: 

  1. Pertama, silahkan kunjungi laman resmi yakni situs “ereg.pajak.go.id” dan Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.  
  2. Setelah itu, sebagai Wajib Pajak, Anda perlu mengisi formulir yang telah disediakan oleh sistem di menu “Aplikasi Pendaftaran”. 
  3. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan benar dan tentunya lengkap sesuai dengan permintaan, akta pendirian dan juga identitas pengurus. 
  4. Anda juga perlu melampirkan beberapa syarat NPWP Badan, mulai dari scan akta pendirian, kemudian scan NPWP, serta scan KTP penanggung jawab.  
  5. Setelah melakukan hal tersebut, Anda akan menerima  soft file secara langsung dari sistem yakni berupa kartu NPWP ke alamat email dengan catatan permohonan pendaftaran telah berhasil.  
  6. Petugas pendaftaran dari KPP akan melakukan proses penelitian pendaftaran kemudian juga mengecek kelengkapan berkas yang telah Anda unggah di aplikasi Ereg.  
  7. Ketika permohonan yang Anda lakukan tidak atau belum lengkap, maka petugas yang bersangkutan akan meminta kelengkapan dokumen kembali kepada Wajib Pajak.  

Baca juga:  Badan Usaha yang Tidak Memiliki NPWP? Ini Resikonya! 

  1. Silahkan lengkapi dokumen sesuai dengan permintaan agar proses permohonan pendaftaran bisa dilanjutkan sebagaimana mestinya oleh petugas.  
  2. Proses melengkapi dokumen tersebut bisa dilakukan dengan cara mengirim dokumen melalui POS atau jasa ekspedisi terpercaya lainnya sesuai dengan surat permintaan kelengkapan dokumen yang dikirim oleh pihak KPP.  
  3. Jika permohonan sudah lengkap dan benar, maka petugas akan mengirimkan bukti fisik kartu NPWP dan juga surat keterangan terdaftar melalui POS ke alamat yang telah Anda daftarkan sebelumnya.  
  4. Selesai.  

Demikianlah panduan lengkap pendaftaran NPWP Badan yang mudah dan cepat. Dengan memenuhi syarat NPWP badan dalam proses pendaftaran, maka akan memperbesar peluang suksesnya proses pendaftaran.  

Nah, setelah memahami syarat dan panduan pendaftaran NPWP Badan diatas, jangan lupa Anda perlu selalu melakukan pelaporan pajak secara teratur.  

Ruangpedia adalah solusi tepat untuk mengurus  pelaporan pajak Anda. Dengan pengalaman bertahun-tahun di bidang ini, kami siap membantu Anda menyelesaikan kewajiban perpajakan dengan mudah, cepat, dan akurat.  

Tim ahli kami akan memandu Anda setiap langkahnya, mulai dari persiapan dokumen hingga proses pelaporan online. 

Hubungi Ruang Pedia dan segera konsultasikan kebutuhan pelaporan pajak Anda! 


 




Share this post:

Related posts:
The Kensington Office Tower, Ruang Kerja yang Nyaman

Ingin memiliki ruang kerja nyaman di lokasi yang strategis? Anda dapat mewujudkannya dengan menyewa ruangan di gedung perkantoran The Kensington Office Tower. Selain memiliki ruangan nyaman, gedung perkantoran ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya.

Sovereign Plaza, Pilihan Tepat untuk Kantor Virtual Anda

Sovereign Plaza merupakan salah satu gedung perkantoran modern di Cilandak, Jakarta Selatan yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kantor Anda. Kenapa? Tentu saja karena fasilitas dan layanan sewa di gedung perkantoran ini lengkap serta beragam. Memangnya, seperti apa fasilitas pendukung...