Hubungi Kami

Tips Menggunakan Virtual Office untuk Bekerja

 

18. Tips Sukses Menggunakan Virtual Office untuk Bekerja

Dengan adanya tren bekerja daring secara remote atau work from anywhere (WFA), semakin banyak perusahaan memilih menggunakan virtual office. Selain memudahkan, layanan ini lebih efisien dalam hal biaya serta operasional.

Secara umum, virtual office adalah sebuah layanan penyedia alamat kantor virtual yang legal tanpa bentuk fisik. Meskipun bangunannya tidak dimiliki secara fisik, namun penyewa bisa menggunakan dan memanfaatkan ketersediaan fasilitasnya.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan kantor virtual, sebaiknya pahami dulu bagaimana cara kerjanya. Kemudian, kenali apa saja tips-tips sukses bekerja dengan virtual office bagi perusahaan atau unit usaha Anda.

Sekilas Tentang Cara Menggunakan Virtual Office

Sederhananya, konsep penggunaan layanan ini adalah dengan menyewa suatu tempat khusus sebagai alamat legal untuk keperluan profesional. Sehingga meskipun bekerja secara online, perusahaan dapat mengelola urusan offline menggunakan kantor virtual.

Untuk menggunakan virtual office, pekerja dapat menjadikan lokasi kantor tersebut sebagai alamat resmi surat menyurat serta pengiriman paket. Penyewa juga bisa memperoleh nomor telepon resmi yang dilayani oleh resepsionis di front office.

Selain itu, penyewa dapat menggunakan fasilitas offline seperti meeting room atau working area untuk keperluan pekerjaan tatap muka. Karena bisa digunakan seperlunya sesuai kebutuhan, jasa ini sangat memudahkan pekerjaan remote.

Tips Menggunakan Virtual Office agar Pekerjaan atau Usaha Lebih Sukses

Untuk memaksimalkan penggunaan virtual office agar pekerjaan atau usaha Anda lebih sukses, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips sukses dalam menggunakan kantor virtual untuk bekerja.

  1. Gunakan alamat email dengan domain resmi milik perusahaan
    Meskipun pekerjaan dilakukan secara online dan bisa dikerjakan melalui rumah atau lokasi masing-masing, namun menggunakan email pribadi terkesan tidak profesional. Sebaiknya, gunakan domain email resmi agar citra perusahaan lebih baik.
    Sedangkan untuk surat menyurat secara luring, Anda bisa menggunakan layanan penerimaan surat dan paket dari virtual office. Hindari menggunakan alamat tempat tinggal pribadi untuk membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional.
  2. Jika membutuhkan pertemuan tatap muka, lakukan di ruang kantor
    Bekerja secara remote memang umumnya lebih fleksibel, bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Namun jika membutuhkan pertemuan langsung, terutama bersama klien, sebaiknya pilihlah tempat yang formal sesuai kondisi.
    Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan virtual office dengan cara memilih ruangan sesuai kebutuhan pertemuan. Umumnya, sebuah kantor virtual menyediakan berbagai pilihan ruang meeting atau working space dengan berbagai fasilitas.
  3. Buatlah jadwal kantor untuk membagi pekerjaan online dan offline
    Meskipun kantor tersebut bersifat virtual dan sebagian besar pekerjaan bisa dikerjakan dari rumah, namun sesekali cobalah jadwalkan pertemuan langsung. Selain membantu efektivitas pekerjaan, ini bisa menjadi sarana bersosialisasi antar pekerja.
    Selain itu, jadwal kantor juga bisa menjadi sarana membangun kredibilitas di mata klien untuk citra lebih baik. Untuk itu, Anda bisa menampilkan jam kantor atau jam kerja di website perusahaan.
  4. Buatlah website perusahaan yang bagus dan profesional
    Tips menggunakan virtual office selanjutnya adalah dengan memaksimalkan website perusahaan agar terlihat lebih profesional. Ibarat bangunan kantor, situs web adalah tempat klien maupun pekerja untuk mengakses segala keperluannya secara daring.
    Agar perusahaan terlihat lebih kredibel, buatlah desain website yang mendukung untuk menjangkau lebih banyak orang. Website dengan konten berkualitas serta informasi lengkap tentu membuat orang-orang lebih percaya menggunakan layanan tersebut.
  5. Gunakan nomor telepon resmi perusahaan, bukan nomor pribadi
    Setiap perusahaan tentu mencantumkan kontak resmi berisi email dan nomor telepon di kartu namanya. Saat menggunakan virtual office, Anda dapat memperoleh nomor telepon perusahaan yang dilayani oleh petugas resepsionis.
    Anda bisa menghubungkan nomor telepon tersebut melalui fitur penerusan panggilan. Sehingga selain terlihat lebih profesional, perusahaan juga tidak akan melewatkan telepon penting berkat bantuan resepsionis.
    Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah jasa penyedia virtual office yang telah menyediakan layanan-layanan penunjang tersebut. Minimal, pilihlah kantor dengan alamat legal, nomor telepon profesional, serta ruang kerja nyaman berfasilitas lengkap.

Sebagai alternatif virtual office, Anda bisa memilih RuangPedia sebagai platform listing properti untuk penyewaan lokasi kerja profesional. Dengan platform dari kami, Anda bisa memilih sendiri fasilitas sesuai kebutuhan operasional kantor virtual.

Ruangpedia menawarkan alamat legal di lokasi bergengsi dengan fasilitas kantor yang mumpuni. Jika Anda tertarik menggunakan virtual office, maka Ruangpedia adalah opsi jasa penyedia terbaik.




Share this post:

Related posts:
Langkah-Langkah Pendirian CV

Proses dan syarat pendiriannya yang cukup mudah sangat cocok bagi pengusaha yang ingin melegalkan bisnis dengan budget terbatas. Namun perlu dipahami bahwa terdapat prosedur pendirian CV yang perlu diperhatikan.

Apakah CV Termasuk Perusahaan? Apa Keunggulannya?

Jika Anda bertanya, apakah CV termasuk perusahaan. Jawabannya tentu saja iya. Pemahaman terkait bentuk badan usaha yang cocok untuk bisnis tentu harus dimiliki pengusaha agar proses pendirian dapat berjalan lancar dan sesuai aturan berlaku.