Hubungi Kami

Tips Pengelolaan Finansial Bisnis Online yang Ideal

 

20. Tips Pengelolaan Finansial Bisnis Online yang Ideal

Meski tidak serumit perencanaan keuangan perusahaan besar, pengelolaan finansial bisnis online juga dibutuhkan demi menunjang jalannya usaha. Sebab setiap jenis usaha baik kecil, menengah, hingga besar, wajib untuk mengelola keuangannya.

Dengan melakukan pengelolaan finansial, suatu bisnis online dapat mengetahui kondisi keuangan serta arus keluar masuk setiap harinya. Dengan demikian, pelaku usaha dapat menyesuaikan pemasukan maupun pengeluaran dananya menjadi lebih terkontrol.

Dalam mengelola keuangannya, diperlukan kiat-kiat khusus agar tercapai pengelolaan finansial pada bisnis online yang ideal sesuai kebutuhan. Sehingga alokasi dana menjadi lebih tepat sasaran dan mengurangi pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Pentingnya Pengelolaan Finansial Bisnis Online yang Ideal

Sebelum mengetahui apa saja tips terkait pengelolaan finansial suatu usaha online, sebaiknya kenali dulu apa pentingnya mengelola keuangan. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya pengelolaan finansial bagi para pebisnis online:

  1. Sebagai alat ukur dalam merencanakan anggaran, baik pemasukan maupun pengeluaran.
  2. Sebagai acuan untuk membuat rencana bisnis ke depan, misalnya alokasi biaya promosi, produksi, dan lain sebagainya.
  3. Sebagai alat pengontrol arus keuangan, sehingga pemilik usaha dapat memantau kondisi finansial serta mengevaluasi penyebab dan solusinya.

Tips Pengelolaan Finansial Bisnis Online yang Ideal

Agar usaha yang dirintis dapat terus berkembang, diperlukan kemampuan pengelolaan keuangan usaha yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana terkait pengelolaan finansial usaha online secara lebih ideal dan efektif.

  1. Melakukan Budgeting
    Melakukan budgeting atau membuat perencanaan keuangan di awal merintis usaha online sangat perlu dilakukan. Dalam menyusunnya, sebaiknya buatlah perencanaan jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang dengan target finansial berbeda-beda.
    Jangan lupa untuk selalu melakukan budgeting secara berkala dalam setiap periode tertentu sebagai bahan evaluasi dan monitoring. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk menyesuaikan pemasukan serta pengeluaran sesuai porsi idealnya.
  2. Memisahkan antara Keuangan Pribadi dan Bisnis
    Meskipun dilakukan secara online, namun sebaiknya pisahkan antara tabungan pribadi serta keuangan unit usaha agar tidak tercampur. Dengan demikian, pembukuan dan rincian data keuangannya menjadi lebih jelas dan juga terstruktur.
    Selain itu, memisahkan rekening juga bisa memperkecil risiko terpakainya pendapatan usaha online untuk penggunaan keperluan pribadi. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi apakah kondisi finansial bisnis Anda telah stabil atau tidak.
  3. Membuat Rincian Pembukuan Laporan Keuangan
    Tips pengelolaan finansial bisnis online selanjutnya adalah dengan membuat laporan keuangan yang biasa disebut sebagai proses pembukuan. Melalui pembukuan, Anda bisa merekap seluruh informasi keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran.
    Dengan memiliki pembukuan laporan keuangan, pebisnis online dapat mengetahui detail rinci arus keluar masuk dananya. Sehingga data tersebut dapat menjadi indikator sekaligus acuan penting untuk mengambil keputusan finansial ke depan.
  4. Menyiapkan Dana Keuangan Cadangan
    Setiap pelaku usaha tentu memiliki target untuk memperoleh profit semaksimal mungkin. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa saat berbisnis pasti selalu ada masanya bisnis mengalami penurunan, termasuk yang dijalankan secara online.
    Oleh karena itu, sebaiknya siapkan rencana dana keuangan cadangan sebagai antisipasi untuk hal-hal tidak terduga seperti terjadinya kerugian. Dengan demikian, dana cadangan tersebut bisa kembali diputarkan kembali sebagai modal baru.
  5. Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Pengelolaan Finansial
    Tips pengelolaan finansial bisnis online berikutnya yaitu, cobalah untuk memanfaatkan teknologi digital dari smartphone atau perangkat komputer. Gunakan aplikasi untuk membantu perekapan data keuangan menjadi lebih detail serta lebih terperinci.
    Jika perusahaan profesional umumnya telah memiliki financial planner, Anda bisa menggunakan teknologi untuk membantu. Saat ini, ada banyak aplikasi maupun software gratis yang bisa dimanfaatkan untuk pengelolaan finansial bisnis Anda.
  6. Kembangkan Bisnis Online Anda Secara Resmi
    Jika usaha Anda semakin maju, sebaiknya pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis online Anda menjadi lebih serius. Misalnya, dengan mendirikan unit usaha baru berupa CV atau PT sebagai langkah pengembangan bisnis Anda.
    Dengan mendirikan unit usaha yang lebih resmi, aset serta harta dari bisnis Anda menjadi lebih aman dan terlindungi secara hukum. Status bisnis juga lebih kredibel dan perluasan usaha menjadi mudah.

Ruangpedia menyediakan jasa pendirian legalitas, baik itu berupa PT maupun CV basic serta lengkap. Selain itu ada juga jasa pembuatan website terpercaya, termasuk pembuatan halaman landing page serta layanan konsultasi.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis online Anda, RuangPedia bisa menjadi partner yang tepat. Yang penting, jangan lupa untuk tetap mengatur pengelolaan finansial bisnis online yang ideal.




Share this post:

Related posts:
Mengapa Memilih Private Office untuk Kenyamanan Kerja?

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, lingkungan kerja yang nyaman dan produktif menjadi kebutuhan utama. Salah satu solusi yang semakin populer adalah menggunakan private office. Berbeda dengan co-working space, ruangan ini menawarkan privasi dan ketenangan yang lebih maksimal.

Gedung Patra Jasa, Lokasi Strategis untuk Kantor

Gedung Patra Jasa adalah area perkantoran dengan 22 lantai. Terletak di Jalan Gatot Subroto yang strategis. Bangunan ini sangat megah dan terhubung langsung ke jalan-jalan utama sehingga gampang diakses dari mana saja.