Hubungi Kami

Bekerja di Coworking Space? Coba 6 Tips ini Agar Tetap Produktif

 

Startspace Tanahabang (3)

Meskipun bekerja di coworking space sebenarnya sudah cukup lama ada di Indonesia, popularitasnya baru terasa beberapa tahun belakangan ini. Salah satunya adalah karena semakin banyaknya perusahaan yang mengizinkan karyawannya untuk bekerja secara remote (dari jarak jauh), dan karena makin banyaknya pekerja freelance di Tanah Air.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang memilih bekerja di coworking space. Salah satunya adalah motivasi lebih tinggi untuk bekerja lebih produktif. Ditambah lagi, coworking space menawarkan beragam kelebihan lainnya, seperti area kerja yang nyaman, lingkungan kerja yang ramah, serta benefit teknologi lainnya.

Meski demikian, rupanya masih ada orang yang belum bisa mengoptimalkan kelebihan dari coworking space. Akibatnya, bukannya produktivitas meningkat, tapi justru produktivitasnya malah menurun. Apabila Anda juga mengalami hal yang serupa, tips produktif di coworking space berikut ini bisa jadi jalan keluar untuk pulihkan dan tingkatkan produktivitas Anda. Apa saja ya tipsnya?

6 Tips Produktif saat Bekerja di Coworking Space

Ini dia tips bekerja produktif di coworking space:

  1. Minimalkan distraksi.
    Distraksi atau gangguan bisa Anda kendalikan dengan cara diminimalisir. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memastikan meja kerja Anda bersih dan rapi. Meskipun Anda memasang dekorasi sekalipun, pilihlah dekorasi meja yang bisa bantu tingkatkan produktivitas. Di samping itu, atur HP dalam mode silent, atau simpan HP di dalam laci selama Anda bekerja.
    Dalam kondisi tertentu, pindah ke ruang atau sudut yang lebih tenang adalah solusi yang lebih direkomendasikan. Anda bisa hubungi operator coworking space untuk memesan meeting room jika Anda butuh berkoordinasi dengan tim atau bertemu klien.
    Apabila Anda berencana menggunakan coworking space dalam jangka panjang dan kesulitan mengatasi distraksi, Anda bisa booking area meja tertentu untuk digunakan selama sewa berlangsung. Dengan area kerja yang konsisten, Anda akan cenderung lebih bisa mengelola distraksi, termasuk tambahan waktu yang terpakai untuk menata meja sebelum bekerja setiap pagi.
  2. Jauhi multitasking.
    Multitasking memang terdengar seperti solusi untuk meningkatkan produktivitas. Akan tetapi, sudah banyak studi yang membuktikan bahwa multitasking justru sebabkan efek sebaliknya.
    Daripada melakukan banyak hal dalam satu waktu, buatlah to-do list, jadwal, dan selesaikan pekerjaan berdasarkan prioritasnya. Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan satu hal dan menyelesaikannya sampai tuntas sebelum akhirnya Anda berpindah ke pekerjaan berikutnya.
  3. Solusi atasi lingkungan yang mengganggu.
    Dalam situasi tertentu, Anda tidak bisa mengontrol lingkungan di sekitar Anda, termasuk saat Anda sedang bekerja. Bisa jadi ada pengguna coworking space lain yang sedang berlatih presentasi di depan Anda, atau ada juga pengguna yang sedang mengobrol dengan orang lain.
    Terlepas dari gangguan yang Anda rasakan, Anda harus menerimanya dan lanjutkan bekerja daripada repot-repot pindah atau malah memicu keributan dengan pengguna lainnya. Lantas, bagaimana caranya meminimalisir gangguan dari sekitar?
    Salah satu cara ampuh yang dapat Anda coba adalah mendengarkan musik atau podcast. Lebih bagus lagi kalau Anda mendengarkannya lewat earphone atau headphone dengan fitur noise canceling, sehingga suara-suara di luar tidak akan mengganggu Anda selama mendengarkan dan bekerja.
    Anda juga bisa coba dengarkan musik instrumental, terutama jika Anda tidak punya headphone atau earphone dengan fitur noise canceling. Misalnya musik jazz atau klasik. Soalnya, musik dengan lirik bisa terasa mengganggu untuk beberapa orang.
  4. Ciptakan batasan Anda.
    Ketika Anda bekerja di coworking space, tentu Anda akan bertemu dengan para pengguna lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu buat batasan pada saat Anda butuh privasi atau ketenangan.
    Batasan sosial juga salah satu yang perlu Anda buat. Oleh karena itu, belajar untuk berkata “tidak” kepada teman, keluarga, atau rekan kerja lain ketika Anda sedang butuh berkonsentrasi penuh. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah terdistraksi dan bisa selesaikan lebih banyak pekerjaan dalam satu hari.
    Batasan lainnya berkaitan dengan pekerjaan. Terlepas dari apakah Anda punya jam kerja tetap yang ditentukan kantor, atau menentukan jam kerja Anda sendiri, selalu disiplin ikuti jam mulai dan jam selesai kerja yang telah ditetapkan.
    Dan langkah berikutnya adalah mengatur HP dalam mode silent atau menyimpan HP di dalam tas maupun laci selama jam kerja. Karena tanpa Anda sadari, HP bisa jadi gangguan yang luar biasa signifikan meskipun alasan Anda sebatas mengecek jam atau mengecek pesan masuk.
  5. Pastikan Anda tetap beristirahat di sela-sela pekerjaan.
    Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam produktivitas. Sayangnya, konsentrasi akan terus menurun seiring berjalannya waktu, terutama karena energi Anda terus terpakai selama Anda bekerja. Oleh karena itu, jika Anda ingin tetap produktif, pastikan Anda beristirahat di sela-sela pekerjaan.
    Selain istirahat pada jam makan siang atau ibadah, Anda juga bisa tetapkan waktu istirahat setiap periode tertentu, misalnya 2 jam. Dan waktu istirahatnya tak perlu lama-lama – 5 menit menjauh dari layar laptop saja bisa berikan efek yang sangat signifikan bagi pikiran, mata, dan otot-otot Anda.
    Di samping itu, coba berolahraga sebelum Anda bekerja. Kalau kesibukan Anda sangat padat, alternatifnya cobalah berjalan kaki mengelilingi kawasan lokasi coworking space berada. Bahkan berjalan kaki ke pantry untuk membuat kopi atau teh sendiri juga bisa bantu merilekskan tubuh dan pikiran.
  6. Jadilah pengguna coworking space yang santun.
    Tips lain yang juga wajib Anda perhatikan adalah memperlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Hal ini juga berlaku di coworking space, mengingat Anda jelas-jelas menggunakan ruang tersebut untuk bekerja dengan para pengguna lainnya.
    Artinya, kalau Anda tidak ingin terganggu oleh obrolan pengguna lain, Anda juga perlu menghindari mengobrol dengan suara yang keras. Bahkan lebih bagus lagi jika Anda mengobrol di luar area kerja coworking space, termasuk ketika Anda sedang menerima telepon dari siapapun.
    Tak hanya itu saja, pastikan Anda juga menjadi pengguna coworking space yang bersih. Bahkan meskipun Anda menyewa meja untuk Anda sendiri, meninggalkan kotoran dan sampah di meja juga bisa memengaruhi mood pengguna lain yang melihatnya.
    Oleh karena itu, selalu perhatikan kebersihan area kerja Anda, dan pastikan bahwa Anda juga selalu merapikan barang-barang yang Anda punya ataupun gunakan.

Pada akhirnya, bekerja di coworking space sebenarnya bisa bantu tingkatkan produktivitas Anda lewat beragam fasilitas yang tersedia. Hanya saja, Anda juga tetap perlu mengupayakan agar lingkungan tersebut benar-benar bisa mendorong Anda untuk lebih produktif – sekadar datang dan bekerja di sana saja tidak akan membuat Anda secara ajaib jadi produktif, kan?

Lewat mindset, perilaku, dan etika yang tepat, efek positif dari bekerja di coworking space tentu akan bisa Anda rasakan. Selamat mencoba tips di atas untuk bantu tingkatkan produktivitas Anda, ya!




Share this post:

Related posts:
The Kensington Office Tower, Ruang Kerja yang Nyaman

Ingin memiliki ruang kerja nyaman di lokasi yang strategis? Anda dapat mewujudkannya dengan menyewa ruangan di gedung perkantoran The Kensington Office Tower. Selain memiliki ruangan nyaman, gedung perkantoran ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya.

Sovereign Plaza, Pilihan Tepat untuk Kantor Virtual Anda

Sovereign Plaza merupakan salah satu gedung perkantoran modern di Cilandak, Jakarta Selatan yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kantor Anda. Kenapa? Tentu saja karena fasilitas dan layanan sewa di gedung perkantoran ini lengkap serta beragam. Memangnya, seperti apa fasilitas pendukung...