Bagi Anda yang memiliki badan usaha dan ingin menghapus NPWP Badan, artikel ini adalah jawabannya. Di sini, Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai syarat dan mekanisme penghapusan NPWP Badan, mulai dari dokumen yang dibutuhkan hingga langkah-langkah yang harus ditempuh.
Perlu diingat bahwa untuk menghapus NPWP Badan hanya bisa dilakukan jika badan usaha Anda telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Bagaimana syarat dan mekanismenya?
Banyak perusahaan menghapus NPWP Badan karena beberapa alasan, misalnya saja adalah usaha yang dijalankan mengalami kebangkrutan. Dan tentu saja untuk melakukan penghapusan, perlu mempersiapkan persyaratan seperti berikut:
Setelah Anda memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara penghapusan NPWP Badan. Berikut ini adalah uraian singkat mengenai caranya:
Pertama, Anda perlu mengirimkan surat permohonan yang mana harus tertulis dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh KPP. Unduh formulir di https://www.pajak.go.id/formulir-penghapusan-npwp ;
Silahkan ajukan permohonan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dan hal tersebut harus dilakukan secara langsung oleh WP yang bersangkutan, namun bisa diwakilkan dengan memberi kuasa Wajib Pajak.
Ada beberapa lampiran dokumen yang perlu Anda siapkan dan beberapa di antaranya adalah fotocopy akta pembubaran badan atau dokumen sejenisnya.
Baca Juga: Badan Usaha yang Tidak Memiliki NPWP? Ini Resikonya!
Dokumen lain yang telah disesuaikan oleh instansi berwenang juga bisa dilampirkan, tentunya yang sesuai dengan UU berlaku.
Anda bisa melakukan pengiriman formulir dengan beberapa cara, mulai dari mengirimkannya langsung ke KPP tempat Wajib Pajak terdaftar, kemudian mengirim melalui POS, atau juga bisa menggunakan jasa ekspedisi yang mana dilengkapi dengan bukti pengirim surat.
Setelah Anda mengirimkan formulir penghapusan NPWP Badan sebagaimana mestinya, maka tunggu hingga pihak KPP mengirimkan bukti penerimaan surat (BPS) kepada Wajib Pajak yang bersangkutan.
Anda hanya perlu menunggu Kepala KPP memberikan keputusan, baik berisi tentang penolakan maupun penerimaan permohonan yang telah Anda lakukan setelah jangka waktu 12 bulan sejak permohonan tersebut dikirim.
Penghapusan NPWP Badan merupakan proses yang rumit dan membutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai peraturan perpajakan.
Jika merasa kesulitan untuk mengurus proses penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak Badan sendiri, Anda dapat berkonsultasi di Ruang Pedia. Kami memiliki tim profesional pajak yang berpengalaman dan terpercaya yang dapat membantu Anda!
Hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi gratis dan dapatkan layanan terbaik kami!
Proses dan syarat pendiriannya yang cukup mudah sangat cocok bagi pengusaha yang ingin melegalkan bisnis dengan budget terbatas. Namun perlu dipahami bahwa terdapat prosedur pendirian CV yang perlu diperhatikan.
Jika Anda bertanya, apakah CV termasuk perusahaan. Jawabannya tentu saja iya. Pemahaman terkait bentuk badan usaha yang cocok untuk bisnis tentu harus dimiliki pengusaha agar proses pendirian dapat berjalan lancar dan sesuai aturan berlaku.