Hubungi Kami

Pahami Tugas Perangkat Koperasi Sebelum Membuatnya

 

14. Pahami Tugas Perangka

Sebagai sebuah badan usaha, tugas perangkat koperasi merupakan salah satu elemen krusial di dalamnya. Agar semua visi-misi hingga tujuan dapat dicapai, maka setiap orang yang mengemban tugas harus menjalankannya dengan maksimal.

Apalagi perangkat koperasi telah ditentukan di dalam UU Koperasi yaitu Undang-Undang No. 25 Tahun 1992. Sehingga pasal tersebut menekankan kembali peran penting dari setiap perangkat yang ada.

Jika ingin membentuk usaha ini, Anda harus mengetahui apa saja peran dan tanggung jawab dari masing-masing orang yang memiliki jabatan tersebut.

Tugas Perangkat Koperasi yang Harus Diketahui

Berdasarkan Pasal 21 Undang-Undang Koperasi Tahun 1992, perangkatnya ada 3 yaitu rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Masing-masing tugas dari perangkat koperasi tersebut adalah:

  1. Rapat Anggota
    Pemegang kekuasaan paling tinggi dalam sebuah koperasi merupakan rapat anggotanya. Hal tersebut tertera dalam pasal 22 ayat (1) Undang-Undang Koperasi. Alasannya adalah karena prinsip ketika menjalankan usaha ini adalah sesuai asas demokrasi.
    Hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis dijalankan sesuai dengan keputusan dan kehendak dari semua anggota. Di mana keterangan di atas juga sesuai seperti ikrar usaha ini, yaitu menyejahterakan para anggota di dalamnya.
    Saat pelaksanaan tugas perangkat koperasi, semua orang dapat berkumpul dan mengutarakan pendapatnya masing-masing serta menentukan langkah yang akan diambil untuk jangka waktu tertentu.
    Di dalam anggaran dasar akan ditetapkan bagaimana tata cara pelaksanaan rapat dan biasanya dilakukan minimal satu kali dalam setahun.
    Kewenangan yang ada dalam rapat anggota telah diatur dalam pasal 78 pada Peraturan Menteri Koperasi No. 9 tahun 2018. Beberapa kewenangan tersebut berkaitan dengan kebijakan umum dalam bidang organisasi, manajemen, keuangan, serta usaha.
    Anggaran dasar, pengaturan mengenai pengurus dan pengawas, rencana, dan beberapa keputusan penting lain tertera pada peraturan tersebut. Sehingga usaha dapat berjalan sesuai undang-undang dan tetap menguntungkan.
    Karena pentingnya rapat di dalam menentukan kelanjutannya, dalam UU Cipta Kerja rapat sudah diperbolehkan dilakukan secara online.
  2. Pengurus
    Masa jabatan dari tugas perangkat koperasi ini adalah selama lima tahun per periodenya. Pengurus tersebut dapat diambil dari orang luar sebanyak maksimal sepertiga dari total anggota.
    Pengurus berperan sebagai penguasa rapat anggota dan bertanggung jawab di dalam rapat anggota dan rapat anggota luar biasa.
    Tugas-tugas perangkat koperasi tersebut telah diatur dalam undang-undang yang berlaku. Beberapa tugasnya antara lain berkaitan dengan pengelolaan beserta usahanya, mengadakan rapat, rencana kerja, laporan keuangan dan pertanggungjawaban, hingga pembukuan.
    Pengurus juga bisa melakukan kerja sama dengan pengelola atau pihak yang berwenang untuk mengelola usah koperasi. Kerja sama tersebut dilakukan berdasarkan perjanjian. Meskipun demikian, harus ada persetujuan dari anggota di dalam rapat.
  3. Pengawas
    Tugas perangkat koperasi yang dilakukan oleh pengawas adalah melakukan fungsi pengawasan. Di mana dia bertanggung jawab mengawasi perjalanan bisnis dan menulis laporan sesuai hasil pengawasan.
    Ketika menjalankan perannya, pengawas memiliki akses untuk melihat semua catatan pada usaha tersebut dan mendapatkan berbagai informasi. Sehingga para pengawas memiliki kewajiban untuk merahasiakan apa saja isi dari laporan yang telah dibuatnya.
    Pengawas merupakan anggota dan dipilih langsung di dalam rapat anggota. Dia juga memiliki tanggung jawab terhadap rapat anggota yang diadakan semua struktur badan usaha ini.
    Persyaratan untuk dipilih sebagai pengawas sebelumnya telah ditetapkan dalam anggaran dasar yang disepakati bersama. Mengetahui semua struktur dan wewenangnya mungkin membuat Anda tertarik untuk membuat usaha yang bermanfaat bagi banyak orang.

Ruangpedia dapat membantu Anda mewujudkan niat baik tersebut, terutama yang berkaitan dengan pengurusan dan legalitas. Sehingga Anda tinggal menerima beres sembari menentukan orang-orang yang memegang tugas perangkat koperasi.




Share this post:

Related posts:
Mengapa Memilih Private Office untuk Kenyamanan Kerja?

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, lingkungan kerja yang nyaman dan produktif menjadi kebutuhan utama. Salah satu solusi yang semakin populer adalah menggunakan private office. Berbeda dengan co-working space, ruangan ini menawarkan privasi dan ketenangan yang lebih maksimal.

Gedung Patra Jasa, Lokasi Strategis untuk Kantor

Gedung Patra Jasa adalah area perkantoran dengan 22 lantai. Terletak di Jalan Gatot Subroto yang strategis. Bangunan ini sangat megah dan terhubung langsung ke jalan-jalan utama sehingga gampang diakses dari mana saja.